Metode Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang Pada Mata Kuliah Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan

Dian Aby Restanty

Sari


Partisipasi aktif mahasiswa melalui metode pembelajaran dapat menentukan hasil belajarnya. Proses
pembelajaran pada perkuliahan sebagian besar berbentuk penyampaian searah sehingga hasil
belajarnya tidak maksimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong partisipasi aktif
mahasiswa adalah metode pembelajaran kooperatif model Two Stay To Stray. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray
terhadap hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang pada Mata
Kuliah Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Desain penelitian menggunakan Pre
Eksperimental Design dan bentuk desain Intact-Group Comparison. Populasinya adalah mahasiswa D
III Kebidanan Jember semester V tahun akademik 2016/2017 sejumlah 59 mahasiswa, pengambilan
sampel secara total sampling dengan menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi diperoleh sejumlah 56
sampel yang kemudian dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Penelitian ini
menggunakan alat ukur dokumentasi. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan
hasil penelitian didapatkan P value 0,00 < α (0,05) yang berarti H0 ditolak Hal ini berarti bahwa
terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar
mahasiswa secara signifikan. Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian
model Two Stay Two Stray dengan menggunakan desain yang berbeda mencakup ranah kognitif,
psikomotor dan afektif.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.