PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM KONSUMSI SAYUR UNTUK ANAK PADA ANAK KELAS A TK PERTIWI KABUPATEN

Tita Rudini Yassin

Sari


Sayur sangat penting untuk dikonsumsi bagi anak-anak khususnya anak usia sekolah (AUS) dasar. Saat ini anak-anak cenderung kurang mengonsumsi sayur, kondisi tersebut sangat memprihatinkan karena berdasarkan data dari Riskesdas tahun 2013, kecenderungan proporsi penduduk Indonesia umur ≥ 10 tahun yang kurang mengonsumsi sayur dan buah masih berada di bawah yang dianjurkan yaitu 93,5% dan berdasarkan survei global Beko, hanya 1 dari 5 anak yang mengkonsumsi jumlah porsi harian sayur dan buah yang direkomendasikan. Riskesdas 2018 menyebut baru 5% masyarakat Indonesia mengonsumsi sayur dan buah secara mencukupi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap ibu dalam konsumsi sayur untuk anak. Penelitian ini dilakukan Di TK Pertiwi Kabupaten Jember. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan Pre Test, Post Test dan Independen Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu (wali) siswa siswi kelas A yaitu sebanyak 8 orang. Hasil penelitian menunujukkan rata-rata skor pengetahuan sebelum intervensi sebesar 4,13 dan rata-rata skor pengetahuan sesudah intervensi meningkat menjadi 9,00. Rata-rata skor sikap sebelum intervensi sebesar 30,11 dan rata-rata skor sikap sesudah intervensi meningkat menjadi 33,45. Kesimpulan ada pengaruh pendidikan gizi tentang sayur terhadap pengetahuan dan sikap ibu dalam konsumsi sayur pada anak di TK Pertiwi Kabupaten

Referensi


Al Rahmad, Agus Hendra dan Almunadia. 2017. Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala.

Astawan, Made. 2009. A-Z Ensiklopedia Gizi Pangan Untuk Keluarga. Jakarta: Dian Rakyat.Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Groho, T. 2011. Asuhan Keperawatan Maternitas, Anak, Bedah Dan Paenyakit Dalam. Yogyakarta : Nuha Medika https://id.wikipedia.org/wiki/Sayuran

Nilawati. 1988. Konsumsi Sayur Pada Anak Balita. Thesis Bogor: Jurusan GMSK. IPB.

Marisa dan Nuryanto. 2014. Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Siswa SDN Bendungan Di Semarang. Jurnal of Nutrition College. Vol 4(4).

Mohammad, Andika dan Siti Madanijah. 2015. Konsumsi Buah Dan Sayur Anak Usia Sekolah Dasar Di Bogor. Jurnal Gizi Pangan. Vol 10(1).

Moehji, Sjahmien. 2017. Dasar- Dasar Ilmu Gizi 2. Pustaka Kemang Studio Aksara. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta. Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta:Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuryanto, Adriyan Pramono, Niken Puruhita dan Siti Fatimah Muis. 2014. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia. Vol 3(1). Pakar Gizi Indonesia. 2017. Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi.Jakarta:EGC.

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdaka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.