Analisa Metode Simulasi Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Pencegahan Stunting
Sari
Abstrak
Â
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis dan stimulasi psikososial serta paparan infeksi berulang terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Hasil Riset menunjukkan 30,8% balita menderita stunting dan 29.9% baduta pendek dan sangat pendek. Kecamatan Jelbuk menjadi kecamatan tertinggi ke- 3 setelah Sumbersari dan Mayang untuk jumlah wasting yaitu sebesar 11,93%, dan pertama untuk stunting dan underweight yaitu sebesar 39,30% dan 18,13% di Kabupaten Jember. Permasalahan utama stunting adalah kombinasi antara kebijakan yang belum konvergen dalam memberikan dukungan terhadap pencegahan stunting serta permasalahan perilaku yang terjadi baik di tingkat individu, tingkat masyarakat, dan tingkat layanan kesehatan masyarakat, sehingga perlu dilakukan intervensi untuk mengubah perilaku kesehatan dengan melakukan edukasi. Intervensi 1000 HPK masih belum disadari dan diterapkan oleh ibu balita, disebabkan karena sebagian ibu sudah mengetahui namun belum menerapkannya, sebagiannya lagi tidak menerapkan karena tidak mengetahui , sehingga diperlukan edukasi yang bersifat partisipatif.
Media  pembelajaran  permainan  ular  tangga  merupakan  media pembelajaran partisipatif  yang  dikembangkan  sebagai pengantar informasi tentang pencegahan stunting sehingga terjadi  peningkatan  pengetahuan dan sikap bagi  responden. Desain penelitian ini adalah Quasi experimental design dengan menggunakan populasi seluruh ibu hamil di desa Suko Jember kecamatan Jelbuk. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 27 orang dan dianalisis menggunakan model regresi logistik. Hasil dari uji menunjukkan nilai (p=0,011) < (α=0,05) untuk peningkatan pengetahuan dan nilai (p=0,794) > (α=0,05) untuk peningkatan sikap yang artinya metode simulasi ulartangga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, namun tidak berpengaruh terhadap perubahan sikap ibu hamil tentang pencegahan stunting. Metode simulasi ulartangga efektif digunakan petugas kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang pencegahan stunting, namun agar lebih meningkatkan sikap positif dan tindakan peserta perlu mengkombinasikan dengan metode lain misalnya ceramah atau media audiovisual sehingga dapat memudahkan peserta dalam menerima materi yang disampaikan dan dapat menghubungkan teori dengan realita.
Â
Kata kunci : Stunting, Metode ular tangga, pencegahan stunting
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Pemberdayaan Masyarakat. 2018. Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting Periode 2012-2024. Jakarta: Kemenkes RI
Dinkes Jember. Program Kesehatan Keluarga dan Gizi tahun 2017
Direktorat Jendral Kesehatan masyarakat. 2018. Pedoman Strategi Komunikasi. Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia. Jakarta: Kememkes RI.
UNICEF, 2013. Improving Child Nutrition, The Achievable Imperative for Global Progress UNICEF: New York.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: sinar Baru Algesindo
Azwar, S, 2010. Sikap manusia Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Notoatmodjo, S,. 2012.Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Machfoeds, I. 2009. Pendidikan Kesehatan bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya
Afandi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 1. No. 1 (hlm. 77-89)
Astuti, Reini, Wulan Novika, dan Nurjen Juniarsyah, 2014. Perbedaan Pengaruh Promosi Kesehatan tentang HIV/ AIDS antara metode Buzz Group dan Metode Brainstorming terhadap peningkatan Pengetahuan Siswa-siswi SMP, Jurnal Kesehatan Budi Luhur Cimahi, Volume 9 No. 1, Januari 2016
Hestuningtyas, T. R. 2013. Pengaruh konseling gizi terhadap pengetahuan, sikap, praktik Ibu dalam pemberian makan anak dan asupan zat gizi anak stunting usia 1-2 tahun di Kecamatan Semarang Timur .Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.