Faktor-faktor yang Mempengaruhi Upaya Preventif Kanker Serviks pada Wanita Usia Subur (Studi Di Desa Keleyan Socah Bangkalan)

Nurun Nikmah, Novi Anggraeni

Sari


Deteksi dini merupakan  pemeriksaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan secara kelinis terhadap yang menderita sakit maupun mereka yang terlihat baik-baik saja dengan test. Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk menganalisis beberapa faktor pekerjaan dan persepsi dengan kegiatan deteksi awal atau dini pada wanita usia subur di Desa Keleyan Socah Bangkalan. Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan yaitu cross sectional. Variabel independen yaitu pekerjaan serta persepsi, dan variabel dependen disini menggunakan deteksi dini kanker serviks. Populasi penelitian 125 responden dan sampel 95 responden. Teknik probability sampling dengan simple random sampling. Instrumen yaitu kuesioner. Uji statistik spearman rank dan uji T-score. Hasil dari penelitian bahwa wanita usia subur mayoritas memiliki persepsis negatif sebanyak 60% dan persepsis positif sebanyak 40%. Dimana p value : 0,003 < α : 0,05, yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada hubungan pekerjaan dan persepsi dengan deteksi dini kanker serviks pada wanita usia subur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pentingnya deteksi dini kanker serviks sehingga penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam memberikan asuhan kebidanan kepada wanita usia subur.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gustiana, D., Dewi, Y. I., and Nurchayati, S. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan kanker serviks pada wanita usia subur. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 1(2), 1-8.

Rasjidi, Imam. 2009. Deteksi Dini Pencegahan Kanker Serviks Pada Wanita

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Situasi Penyakit Kanker. Pusat dat dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. 2015.Jakarta.

Dianti, N.R., & Isfandiari, M.A. Perbandingan risiko ca serviks berdasarkan personal hygiene pada wanita usia subur di yayasan kanker wisnuwardhana surabaya. Jurnal PROMKES, 4(1), 82-91. 2017 [Diunduh 15 januari 2020] Tersedia di: http://ejournal.unair.ac.id/PROMKES/article/download/5808/3717

Dian . 2016. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku WUS dalam Deteksi Dini Kanker, Leher Rahim.

Septadina, I. S. Upaya pencegahan kanker serviks melalui peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi wanita dan pemeriksaan metode iva (inspeksi visual asam asetat) di wilayah kerja Puskesmas Kenten Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 3(1), 222-228 ; 2015.

Suryo. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Wanita Usia Subur dalam Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode IVA (Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat) Di Wilayah Kerja Pusksesmas Ngawen I Kabupaten Gunung Kidul Tahun 2009; 2009.

Suarniti, N. W. Studi fenomenologi: faktor-faktor yang menyebabkan wanita usia subur tidak menjalani deteksi kanker serviks dengan tes inspeksi visual asam asetat (IVA) Di Provinsi Bali. Jurnal Infokes Apikes Citra Medika Surakarta, 7(1). 2017.

Febriani, Angelina C. 2016. Faktor-faktor yang berhubungan degan deteksi dini kanker leher rahim. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Malahayati Bandar Lampung.

Wahyuni, S. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku deteksi dini kanker serviks di Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Jurnal Keperawatan Maternitas, 1(1). 2013.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2010. Metode Penelitian Kesehatan : Metode Kuantitatif. Surabaya : Health Books Publising Adi. Wanita dan Deteksi Dini Kanker Serviks. Acta Diurna vol 7 No.2. 2014

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI; 2010.

Webster. Pengaruh dan Sikap Wanita Usia Dewasa tentang deteksi dini kanker serviks. Kediri; 2009.

Anoraga Panji. Psikologi Kerja, Rhneka Cipta Jakarta; 2006

Notoatmodjo, Soekidjo 2014. Kesehatan masyarakat ilmu dan seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiowati, E., and Sirait, A.M. Pengetahuan Tentang Faktor Resiko perilaku dan Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Inspeksi Asam Asetat (IVA) pada Wanita di Kecematan Bogor Tengah kota Bogor. Pusat Teknologi Intervensi Kesehatan Masyarakat Badan Penelitian dan Pengembangan kesehatan kementerian RI. Buletin Penelitian Kesehatan Vol 42, No 3, September 2014: 193-202. 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.