Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Praktik Bidan Mandiri (BPM) Hj.Sumarti Desa Kapor Kecamatan Burneh

Novi Anggraeni, Nurun Nikmah

Sari


                Kehamilan dengan KEK merupakan suatu keadaan dimana kekurangan energi kalori protein pada waktu yang lama, dimana penegakkan diagnosis yang ditunjukkan dengan hasil pemeriksaan LILA atau lingkar lengan atas < 23,5. Tujuan dan maksud dari kegiatan dari penelitian ini adalah menganalisis beberapa faktor (Pekerjaan, Grafiditas, Frekuensi makan, Kadar Hb) yang mempengaruhi kejadian Kekurangan Energi Kalori (KEK). 

Metode yang digunakan yaitu Jenis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan yaitu cross sectional. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 26 responden, dengan kriteria sampel (inklusi) yaitu ibu hamil Trimester III serta bersedia menjadi responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian yaitu Ibu hamil yang mengalami KEK (Kekurangan Energi Kalori) sebagian besar adalah ibu yang bekerja (73,08%), mayoritas ibu hamil yang mengalami KEK (Kekurangan Energi Kalori) adalah ibu yang mempunyai grafiditas kehamilan ke >2 yaitu (46,15%), mayoritas ibu hamil yang mengalami KEK (Kekurangan Energi Kalori) adalah mempunyai frekuensi makan yang kurang yaitu (50,00%), dan mayoritas ibu hamil yang mengalami KEK (Kekurangan Energi Kalori) adalah yang mempunyai kadar Hb Anemia (65,38%).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Waryana. 2010. Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama

Ari dan Ruslianti. 2013. Gizi Terapan Bandung: PT. Remaja Ros dakarya.

Aprianti, E. 2017. Gambaran Kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Kasihan I Bantul Yogyakarta Tahun 2017. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia 2014 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan. Jakarta: Kemenkes RI

Pratiwi, 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kurang Energi Kronis pada Ibu Hamil. http://id.shvoong.com/

Helena, 2013. Gambaran Pengetahuan Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama dan Pola Makanan dalam Pemenuhan Gizi. www.repository,usu,ac.id.

Supriasa, ID.N., Bakri.B., Fajar, I. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Soekirman. 2000. Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta: Departemen Pendidikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.